Pengenalan sistem kordinat layar

Pada mata pelajaran matematika, kita mengenal sistem kordinat kartesian. Pengetahuan yang kuat akan matematika, akan sangat mendukung kita nantinya dalam memahami sistem korninat layar. Pada sistem kordinat kartesian sumbu utama dibagi menjadi sumbu x (horisontal) dan sumbu y (vertikal). Persimpangan antara sumbu tersebut merupakan kordinat (0,0). Pada sumbu x semakin ke kiri maka nilai x semakin kecil dan sebaliknya semakin ke kanan nilai x semakin besar. Pada sumbu y semakin ke bawah maka nilai y semakin kecil dan sebaliknya semakin ke atas nilai y semakin besar.

Pada sistem kordinat layar komputer, hampir sama dengan kordinat kartesian, sumbu utama dibagi menjadi sumbu x (horisontal) dan sumbu y (vertikal). Akan tetapi kordinat (0,0) adalah pojok kiri atas layar. Perbedaan selanjutnya adalah pada sumbu y. Pada sumbu y semakin ke bawah maka nilai y semakin besar dan sebaliknya semakin ke atas nilai y semakin kecil. Perhatikan gambar berikut:

Kordinat kartesian dan kordinat layar pada flash
Contoh penerapan dari sistem kordinat layar dalam flash adalah sebagai berikut :


untuk menyelesaikan soal tersebut, kita gambarkan dahulu secara visual sebagai
berikut :









Jadi untuk menggerakan bola secara diagonal, maka pada saat yang bersamaan sumbu x digerakkan ke kanan (ditambah) dan sumbu y digerakan ke bawah (ditambah).




Proses pembuatan aplikasinya adalah sebagai berikut :
1. Buatlah sebuah obyek lingkaran dengan menggunakan oval tool.



2. Seleksi obyek lingkaran tersebut kemudian convert menjadi symbol dengan menekan tombol F8 (pilih menu insert>convert to symbol). Pilih movieclip pada option behaviour dan ketikan bola pada name. Perhatikan bagian regristration, bagian tersebut menentukan posisi suatu movieclip.

Sebagai contoh, ketika kita memilih  regristration  pada  bagian  tengah,  maka  posisi  penghitungan  kordinat movieclip nantinya dihitung di  bagian tengah tidak seperti  yang terlihat  pada properties (karena pada properties hitungan posisi dimulai dari pojok kiri atas).


3. Klik movieclip  bola   ubah posisinya tau letakan di pojok kanan atas stage,  dan } dalam  kondisi  terseleksi  buka  panel  action  (  tekan  f9  atau  klik  menu windows>action apabila panel action belum terbuka dan pastikan mode penulisan adalah mode expert jika menggunakan flash MX atau Flash 8). Kemudian ketikan script sebagai berikut :

4. Jalankan movie dengan menekan tombol Ctrl+Enter.  Maka bola akan bergerak diagonal  dari kiri atas ke kanan bawah sampai  hilang dari layar.  Tekan tombol Ctrl+W untuk kembali ke stage

Penjelasan program
1. Baris  onClipEvent (enterFrame) { berarti bahwa perintah dalam blok  { } akan dijalankan sepanjang frame aktif artinya pada default seting frame rate : 12 fps (frame  per  secon),  maka  perintah  dalam  blok  {  }  akan  dijalankan  setiap seperduabelas detik sepanjang movie tersebut dijalankan.

2. Baris  // menggerakan bola diagonal merupakan baris komentar, baris ini tidak dijalankan oleh flash.

3. Baris _x += 10; berarti setiap seperduabelas detik kordinat x dari bola ditambah 10  pixel, sehingga  bola  bergerak  kekanan.  Tanda  += merupakan  bentuk penyedehanaan dari action _x = _x+10;

4. Baris _y += 10; berarti setiap seperduabelas detik kordinat y dari bola ditambah 10 pixel, sehingga bola bergerak kebawah.

5. Karena komputer mengitung dengan sangat cepat, perhitungan dalam satu blok { } dapat dikerjakan dengan sekaligus sehingga bola tampak bergerak diagonal.


Referensi: Wandah W "Dasar Pemograman Flash Game"



Artikel Menarik Lainnya :



4 comments:

myapotek acemaxs on 6 January 2015 at 08:26 said...

informasinya sangat bermanfaat..

Muryan Awaludin on 6 January 2015 at 10:39 said...

Terima kasih atas kunjunganya...kritik dan saran sangat saya nantikan untuk pengembangan blog ilmu desain grafis...

muhammad gusriadi on 29 September 2015 at 19:11 said...

mantab pak...

Muryan Awaludin on 29 September 2015 at 21:43 said...

@Gusriadi: untuk itu, ayo berbagi dengan menuliskan di blog

Post a Comment

Please Your Comment

Entri Populer

Kontak Saya

HP/WA : 08562616116

Total Pageviews

Teman-Teman Blogger

Dapatkan Update artikel IDG ke email Anda

Ilmu Desain Grafis Copyright © 2009 Community is Designed by Bie | development by Muryan Awaludin