Membuat Gallery Foto Web

Jika situs web kita memiliki fasilitas gallery, photoshop menyediakan fasilitas untuk embuat gallery foto web. Berbagai tamplate juga sudah tersedia sehingga kita hanya perlu melakukan perintah atau memilihnya. Dreamweaver juga menyediakan fasilitas ini walau hasilnya tidak sebaik dan sebagus pada photoshop. Untuk membuat gallery ini, sebelumnya kita harus mempersiapkan gambar/foto, folder tempat gambar tersebut, dan folder tujuan penyimpanan. Setelah itu pilih menu file>Automate>Web Photo Galery. Kotak dialog Web Photo Galery akan muncul.

Gambar Perintah untuk Membuat Web Photo Gallery

Pada style terdapat template untuk web Photo Galerry. Misalnya kita pilih Horizontal Patterned untuk style, isi juga email pemilik/organisasinya pada form E-mail. Untuk ekstension kita pilih htm. Pada folders kita klik browse untuk mencari folder sumber gambar. Kalau sudah ditentukan fiodernya klik Ok. Disamping kanan tombol tersebut akan muncul alamat folder sumber gambar. Jika ada sub folder didalam folder sumber dan ingin dimasukan dalam proses pembuatan, pilih kotak Include All Subfolders. Klik tombol Destination untuk menentukan folder tujuan penyimpanan hasil. Pada tab Options kita pilih misalkan Banner, kemudian pada Site Name misal kita namai dengan My Web, pada Photograper kita beri nama ADI, ketik no telp atau email kita pada Contact Info, date atur sesuai pembuatannya terus untuk font kita pilih Arial, dan Font Size nya misalkan 3.


Gambar Setting General

Pada tab Options ubah Banner menjadi Large Images. Pada Resize Image pilih Medium dengan ukuran 350 Pixel. Pada Constrain pilih Both Size pada JPEG Quality pilih Medium dengan skala 5 sehingga ukuran File Size akan menyesuaikan. Untuk Border Size isi saja 0 pixel. Untuk Title Use pilih Filename, Caption, Credits, Title, dan Copyright.


Gambar Setting Large Image

Pada tab Options, ubah Large Image menjadi Thumbnails. Pada Size Image, pilih Medium dengan ukuran 75 pixels. Untuk Border Size, isi saja 0 pixels dan untuk Title Use, pilih Filename.

Gambar Setting Thumbnails

Pada Options ubah Thumbnails menjadi Custom Colors. Pilih warna untuk Background misalnya warna putih (#FFFFFF). Warna Banner abu-abu (#CCCCCC), warna Text hitam (#000000), warna Link biru (#0000FF), warna Active Link merah (#FF0000), dan warna Visited Link ungu (#990099).


Pada tab Options ubah Custom Colors menjadi Securyty. Pada Content pilih Custom Text, sedangkan untuk pilihan lainya seperti Filename, Copyright, Description, Credits, dan Title secara Default akan menyesuaikan pada Custom Text, isi dengan teks yang akan ditampilkan pada gambar, misalnya My EWB. Tentukan Font yang ingin digunakan misalnya Arial. Tentukan juga size yang diinginkan ,misalnya 36 pt. pada Color kita dapat menentukan warna sesuai pilihan, bisa Black, White, atau Custom. Untuk contoh kita pilih saja Black dan tentukan Opacitynya, misalnya 50%. Atau tidak terlalu tajam sehingga teks tidak merusak tampilan gambar. Untuk position, pilih Centered, sedangkan pilihan lainya ada Top Left, Bottom Left, Top Right, Bottom Right. Pilih None untuk Rotate. Pilihan Security digunakan untuk melindungi gambar-gambar yang kita punya agar tidak dicuri hak ciptanya oleh orang lain.


Gambar Setting Security

Lihatlah hasil gallery yang kita buat menggunakan Photoshop. Buka folder dan file-filenya dan kemudian buka file index.htm. Browser akan memperlihatkan galeri dengan semua fasilitas yang kita tentukan tadi.


Gambar Folder dan File hasil Galeri dengan Photoshop



Gambar Hasil Galeri dengan Photoshop
Download PDF


Artikel Menarik Lainnya :



0 comments:

Post a Comment

Please Your Comment

Entri Populer

Kontak Saya

HP/WA : 08562616116

Total Pageviews

Teman-Teman Blogger

Dapatkan Update artikel IDG ke email Anda

Ilmu Desain Grafis Copyright © 2009 Community is Designed by Bie | development by Muryan Awaludin