Pola Penulisan Action Script pada Button

Cara penulisan action script pada tombol adalah sebagai berikut :

1. Pilih  rectangle  tool pada toolbox kemudian buatlah sebuah kotal. Anda juga bisa membuat rounded rectangle dengan memilih option rounded rectangle radius atau bisa juga membuat dengan gaya button bulat dan elips (sesuai selera masing-masing).
2. Aturlah static text “tombol” tepat diatas kotak yang sebelumnya telah kita buat, caranya klik text tool, kemudian buka properties dan atur jenis huruf, ukuran dan warna. Buka panel properties (apabila belum terbuka pilih menu window>properties). Pastikan option static text pada text type.

3. Seleksi tombol tersebut, kemudian konvert menjadi symbol dengan dengan menekan tombol F8 (pilih menu insert>convert  to symbol). Pilih button pada option behaviour dan ketikan tombol pada name.

4. Double klik tombol tersebut sehingga masuk dalam pengaturan tombol. Perhatikan dalam symbol bertipe button terdapat 4 frame yaitu up, over, down dan hit. Up menunjukan kondisi normal suatu tombol. Over menunjukan kondisi tombol saat mouse berada tepat di atasnya. Down menunjukan kondisi tombol saat ditekan dan Hit merupakan area penekanan (sensor) tombol tersebut.

5. Klik frame over kemudian masukan keyframe dengan menekan tombol F6 (pilih menu insert>keyframe). Ubah warna dan ukuran tombol pada frame over tersebut Untuk frame Down dan Hit biasanya bisa kita abaikan.
Perbedaan warna antara frame up dan frame over

6. Tekan tombol  Ctrl-E untuk kembali  ke  Stage utama.  Klik tombol dan dalam kondisi  tombol  terpilih  buka  panel  action (  tekan  F9  atau  klik  menu windows>action apabila panel action belum terbuka dan pastikan mode penulisan adalah mode expert jika menggunakan flash MX atau Flash 8). Kemudian ketikan script sebagai berikut :

7. Tekan Ctrl+Enter untuk menjalankan movie. Tekan tombol Ctrl+W untuk kembali ke stage.

 




Artikel Menarik Lainnya :



0 comments:

Post a Comment

Please Your Comment

Entri Populer

Kontak Saya

HP/WA : 08562616116

Total Pageviews

Teman-Teman Blogger

Ilmu Desain Grafis Copyright © 2009 Community is Designed by Bie | development by Muryan Awaludin