Penggunaan Action Script pada Movieclip

Pada tutorial Adobe Flash kali ini, saya akan mencoba membagikan bagimana cara penggunaan Action Script pada Movieclip. Semoga bisa menjadi referensi teman-teman blogger, mahasiswa, mahasiswi yang sedang belajar tentang desain grafis....

Berikut cara penulisan action pada movieclip:
1. Buatlah  sebuah  obyek  lingkaran  dengan  menggunakan oval tool. Perhatikan bahwa sebuah obyek dalam flash memiliki 2 bagian yaitu stoke (garis tepi) dan fill (isi).

2. Seleksi  obyek  lingkaran  tersebut  kemudian  convert  menjadi  symbol  dengan menekan tombol F8 (pilih menu insert>convert to symbol). Pilih movieclip pada option behaviour dan ketikan bola pada name.
3. Klik movieclip  bola, kemudian tekan F9 pada keyboard atau klik menu windows>action apabila panel action belum terbuka dan pastikan mode penulisan adalah mode expert jika menggunakan flash MX atau Flash 8). Kemudian ketikan script sebagai berikut: 


4. Jalankan movie dengan menekan tombol Ctrl+Enter. Maka bola akan bergerak ke kanan sampai hilang dari layar. Tekan tombol Ctrl+W untuk kembali ke stage


Artikel Menarik Lainnya :



0 comments:

Post a Comment

Please Your Comment

Entri Populer

Kontak Saya

HP/WA : 08562616116

Total Pageviews

Teman-Teman Blogger

Ilmu Desain Grafis Copyright © 2009 Community is Designed by Bie | development by Muryan Awaludin