Membuat sebuah image menggunakan layer

Ketika Anda membuat imge dari gabungan --warna background, text, bentuk-bentuk, and photo--Adobe Photoshop layer memberikan kontrol yang oke da kreatif. Pada tutorial ini Anda akan membuat sebuah image dengan multilayer, pakai sebuah layer mask, lalu tambahkan text layer.
1. Buka sebuah Image dalam Photoshop. Pilih File > Open atau double-click sebuah thumbnail dalam File Browser. Secara default, pallet layer seharusnya muncul. Jika tidak, pilih Window > Layers. Palet Layer akan memperlihatkan seluruh layer dalam dokumen disertai dengan nama layernya dan sebuah thumbnail dari image layer.
2. Konvert background layer. Di palet layer, double-click background layer. Klik OK pada New Layer dialog. Mengkonvert background menjadi sebuah layer biasa akan membuat kita dapat menggunakan transparency pada layer ini. Anda sekarang dapat melihat atau menyembunyikan layer dengan ikon mata. Click ikon mata pada sebuah layer. Dengan tanda bahwa ikon mata hilang maka layer tsb akan tersembunyi. Click ikon box kosong lagi. maka ikon mata akan muncul dan layer akan kembali kelihatan.
3. Menggunakan layer mask. Dengan sebuah layer mask anda dapat memilih dan memperlihatkan bagian tertentu saja yang ingin kita lihat dari objek yang akan kita kerjakan, dengan tanpa mengubah imagenya. Disini kita akan melakukan masking(menyembunyikan) seluruh bagian image kecuali area yang berbentuk lingkaran. Click dan tahan Rectangular Marquee tool, lalu pilih Elliptical Marquee tool dari pop-up menu. Tahan tombol Shift untuk mempertahankan seleksi sehingga membentuk sebuah lingkaran, lalu drag area pada image. Pada palet Layers, click ikon Add Layer Mask. Sekarang hanya area yang dipilih saja yang tampak. Anda dapat mengubah daerah tampaknya dengan menggeser masking disekitar iage. Pertama click link icon ke unlink mask dari layer. Pilih Move tool, lalu click di dalam mask dan drag untuk menentukan posisinya. Saat posisinya sudah tepat, click link icon ke relink mask dan layernya. Sekarang Anda dapat memindahkan layer dan mask akan berpindah juga.
4. Menambahkan efek stroke. Click tombol Add a Layer Style pada bagian bawah palet Layer, dan pilih Stroke dari menu. Pilih stroke settings dalam Layer Style dialog box, termasuk color, size, dan position stroke.
5. Membuat layer baru. Click tombol Create a New Layer untuk menambahkan layer baru pada image. Sebuah layer baru akan ditambahkan di bagian teratas dari layer yang telah ada dan langsung menjadi layer aktif. Click warne Foreground cari dan pilih sebuah warna dengan Color Picker. Pilih Paint Bucket tool (terletak dalam toolbox dengan Gradient tool) dan click dimana saja dalam image untuk membuat isinya. 6. Menyusun letak susunan layers. Click layer baru dan drag ke bawah layer terbawah. Merubah urutan layer akan membuat beberapa bagian image tampak di depan atau di belakang layer lain.
7. Menambahkan text layer. Dalam palet Layers, click layer teratas. Pilih Text tool, kemudian click pada image. Text cursor muncul. Pada options bar, ubah text size, font, style, atau color menurut keinginan.Saat Anda mengetikkan text, Photoshop secara otomatis akan menempatkannya pada layer tersendiri, dimana Anda dapat meng editnya secara terpisah dari sisa image. Untuk mengedit text, pilih dengan Text tool, lalu ubah settingan dalam options bar. Untuk memindahkan text, pilih Move tool lalu drag textnya.
8. Menambahkan efek pada text. Click tombol Add a Layer Style dan pilih Drop Shadow dari menu. Anda dapat mengubah warna atau sudut bayangan atau membuat pengaturan lainnya dalam Layer Style dialog box. Dalam palet Layers, efek layer tampak di bawah nama layer. Anda dapat mengaktifkan ataupun me non-aktifkannya dengan meng-clickikon mata di sebelah efeknya.
DOWNLOAD

sumber : buku 30mws

Artikel Menarik Lainnya :



0 comments:

Post a Comment

Please Your Comment

Entri Populer

Kontak Saya

HP/WA : 08562616116

Total Pageviews

Teman-Teman Blogger

Ilmu Desain Grafis Copyright © 2009 Community is Designed by Bie | development by Muryan Awaludin