Tutorial Membuat Teks Kapur


Langkah 1
- Buka photoshop anda (disini saya menggunakan adobe photoshop cs6)
- Buka Gambar, File -> Open, disini saya menggunakan gambar papan tulis ( search di google aja banyak kok), kalo ga ada buat background jadi hitam saja.


- Lanjut ke Image -> Adjustments -> Levels, Ubah Shadows menjadi  20, dan Gamma menjadi 0.88. Ini membuat gambar agak gelap.


- Lanjut ke -> Adjustments -> Hue/Saturation, dan ubah Saturation menjadi 10. Ini membuat gambar lebih hidup.


Langkah 2
- Buat teks menggunakan font  Blokletters Potlood (saya menggunakan ini anda bebas memilih font favorit anda), dan ukuran disesuaikan (saya menggunakan ukuran 270 pt). 


- Bikin 2 layer teks seperti saya, Contoh Back To dan School, Back to di layer pertama dan School di layer kedua.


Langkah 3
- Buka Brush panel (Window -> Brush), dan atur sesuai settingan di bawah ini:
- Brush Tip Shape:
Pilih “Chalk 44 pixels” brush.


- Shape Dynamics:


- Dual Brush:
Pilih  “Spatter 14 pixels” brush.


Langkah 4
- Buat layer teks menghilang dengan mengklik tanda ikon mata. 


- Klik kanan layer teks dan pilih Create Work Path.


- Pilih Direct Selection Tool, Atur warna Foreground menjadi putih, dan buat layer baru, taruh di paling atas dan namain “Chalk”.


- klik kanan di work path dan pilih Stroke Path.


- Pilih Brush option dari Tool drop di menu bawah, dan checklist kotak Simulate Pressure.


- Ini akan membuat stroke di path dengan brush kapur yang kita setting tadi. Klik workpath tadi yang sudah di stroke dan hapus.


Langkah 5
- Untuk membuat stroke lain dengan warna berbeda, pertama buat workpath, kemudian, klik dan drag menggunakan Direct Selection Tool untuk memilih huruf.


- Atur Warna Foreground dengan warna yang kamu suka, kalau bisa pilih warna yang agak pudar, disini saya menggunakan warna pink dengan code #f5989d.


- Warna yang saya gunakan:
S – #f5989d
c – #fff799
h – #bd8cbf
o – #fdbd89
o – #79bcde
l – #82ca89



Jadi deh teks kapur ala sekolahan dulu……

Author : Fajar Arfianto
Kelas    : Reguler / Malam 
Sem        : 2
matkul    : Typografi
blog        : ilmucuma.blogspot.com  

Artikel Menarik Lainnya :



0 comments:

Post a Comment

Please Your Comment

Entri Populer

Kontak Saya

HP/WA : 08562616116

Total Pageviews

Teman-Teman Blogger

Ilmu Desain Grafis Copyright © 2009 Community is Designed by Bie | development by Muryan Awaludin