Membuat Kartun ( Trace Pada Foto )

Pada efek kartun ini kita akan menggunakan manual menggunakan Pen Tools. Trik ini biasa disebut dengan tracing, biasanya kita membuat trace foto menggunakan Illustrator tapi karena kita sedang belajar photoshop maka kita akan coba membuatnya....mari kawan-kawan kita belajar bareng.....


Cara membuatnya :

1. Bukalah sebuah foto, misalnya saya menggunakan foto saya sebagai objek nya:

2. Untuk berjaga-jaga agar tidak merubah gambar aslinya kita duplikat aja agar suatu saat kita lupa save ntar kita masih ada cadangan gambar aslinya atau kita mau membutuhkan beberapa item gambar asli jadi kita bisa mengcopy nya, caranya klik aja pada Keyboard Ctrl + J . maka akan ada layer 1 ( copy background gambar ). Kemudian pada Layer 1 kita mulai edit dengan pilih menu Image > Adjustment > Posterize. Isikan nilai yang kecil. Misalnya 4 tujuannya adalah untuk mengurangi jumlah warna pada gambar.

3. Duplikat lagi foto yang sudah di edit (Layer 1) caranya sama kita tinggal tekan Tombol Ctrl + J dan ubah Blending option menjadi Darken.

4. Masih dalam layer 1 copy Pilih menu Filter > Blur > Gaussian Blur. Atur radius secukupnya tujuannya untuk mempertegas pembatasan tiap warna yang ada.

5. Sekarang kita akan baru mulai melakukan trace, buat New Layer dan ubah Opacity menjadi 0%. Pilih Pen Tools Kemudian lakukan pengaturan pada option bar. Pilihlah icon Shape layers Klik icon segitiga geometri option ,kemudian beri tanda cek pada pilihan Rubber Band.

6. Buatlah bentuk shape mengikuti wajah foto menggunakan Pen Tools. Buatlah agar garis melingkar mengelilingi bagian hajah dan leher.

7. Ulangi langkah ke-5 dan ke-6, namun kali ini buatlah bentuk shape pada area warna yang lain. Setiap bentuk shape dibuat pada sebuah layer baru.

8. Saat membuat bentuk shape pada area warna yang lain, jika ada layer yang menutupi sehingga kita kesulitan untuk menentukan bentuk shape, maka untuk sementara icon mata pada layer yang menutupi bisa dimatikan dulu atau di kurangi dulu opacity-nya

8. Pada bagian mata dan bibir, karena bagian ini termasuk bagian pokok dalam mengenali wajah seseorang, kita perlu mematikan dulu beberapa icon mata pada palet layer. Sehingga kita bisa membuat trace dengan melihat bentuk aslinya yang belum ter-posterize.

9. Untuk membuat latar belakang pada foto, buatlah sebuah layer baru yang diletakkan pada urutan sebelah bawah dari bentuk-bentuk shape tersebut. Layer baru ini bisa diisi warna sesuka Anda, dengan memilih menu Edit > Fill.
Download Full Article


Artikel Menarik Lainnya :



0 comments:

Post a Comment

Please Your Comment

Entri Populer

Kontak Saya

HP/WA : 08562616116

Total Pageviews

Teman-Teman Blogger

Dapatkan Update artikel IDG ke email Anda

Ilmu Desain Grafis Copyright © 2009 Community is Designed by Bie | development by Muryan Awaludin