Membuat Efek Foto Robek

Pada tutorial ini saya akan membuat foto yang sobek sebagian untuk menampilkan kesan bahwa foto itu memang foto yang sengaja secara visual terlihat sobek sebagian. Caranya sebagai berikut.


1. Pada Toolbar pilih File-->Open ,untuk mengambil foto yang akan dijadikan objek foto sobek.
2. Kemudian seleksi foto tersebut menggunakan LassoTool dan Simpan hasil seleksi dengan perintah Select--> Save Selection dengan cara klik kanan ditengah seleksi.

3. Pilih menu Filter > Pixelate > Crystalize. Isikan nilai 3 (ukurannya bisa disesuaikan sendiri, namun jika slider digeser minimalnya tetap cuma 3). Klik OK. Tujuan langkah ini untuk membuat tepian seleksi menjadi tidak rata secara otomatis.

4. Klik icon Load Channel as Selection

5. Klik channel RGB. Langkah 4 dan 5 ini tujuannya agar kita kembali ke channel seperti awal namun sudah mempunyai seleksi yang tidak rata.

6. Tekan Ctrl + J, tujuannya untuk membuat duplikat hasil potongan seleksi

7. Pilih Layer Background kemudian tekan Ctrl + J untuk membuat layer background copy.

8. Ctrl + klik pada nama layer 1 (yang merupakan layer hasil potongan). Layer yang aktif masih tetap pada layer Background copy. Sekarang tekan tombol Delete. Ini untuk menghapus area yang berada dalam seleksi. Kemudian hilangkan seleksi, dengan cara memilih menu Select > Deselect.

9. Pilih Layer Background, kemudian beri warna putih dengan cara pilih menu Edit-->Fill--> dan Use = White dan Opacity=100%.

10. Atur Layer 1 dan Background dengan Move tool dan atur Drop Show dengan cara klik 2 kali pada layer sehingga akan muncul jendela layer style.


SELAMAT MENCOBA!!!!!!!!

Download PDF

Artikel Menarik Lainnya :



2 comments:

abdil on 12 March 2011 at 00:35 said...

bagus banget triknya,
klw boleh ngasih masukan, akan lebih bagus lagi klw dikasih gambat tutorialnya gan..
tapi saya tetap makasih gan...

Ilmu Desain Grafis on 12 March 2011 at 12:14 said...

@Abdil : Thanks Komentar dan sarannya...sengaja pada posting kali ini saya tidak tampilkan gambar nya..namun pada File PDF nya lengkap bin komplite banget...hehehehheeee

Post a Comment

Please Your Comment

Entri Populer

Kontak Saya

HP/WA : 08562616116

Total Pageviews

Teman-Teman Blogger

Ilmu Desain Grafis Copyright © 2009 Community is Designed by Bie | development by Muryan Awaludin